Virus batok Mio Soul di Jupiter MX

2348hal13_virus-batok-soul_endr.jpg

Ingin membuat Jupiter MX 135LC sampeyan jadi tampil beda dengan dana cekak? Boleh ditiru nih virus baru yang coba ditularkan oleh Andi Wiyoko dan Anto dari komunitas Jakarta Jupiter Club (JJC). Perubahan paling jelas ada di bagian depan karena batok setang MX dicopot dan diganti pakai punya Mio Soul. Enggak perlu modif aneh-aneh dan proses pemasangannya juga dijamin cepat. Hanya butuh waktu sekitar 1 jam. Cepet, kan?

“Tampilan seperti ini banyak bikin orang heran. Kok MX enggak ada lampu di batok,” kata Andi bersemangat.

Karena itu pulalah banyak yang tertarik untuk ikutan mencoba aplikasi. “Bagi saya, tampilan MX akan menjadi lebih sporty kalau gak ada lampu di setang, makanya kepikiran untuk dibikin ‘buta’ aja sekalian,” lanjut pria kurus ini.

Agar prosesnya gampang dan masih mengandalkan komponen Yamaha, maka dicomot punya Mio Soul yang punya desain sporty. Dia tertarik untuk mencoba kawin silang ini karena taunya, untuk sakelar dan kabel-kabel sama semua antara MX dan Mio Soul. “Dengan begitu saya enggak perlu pusing. Murni hanya tinggal copot yang lama dan ganti yang baru,” pikir Andi waktu itu.2349virus-batok-soul_endro2.jpg

“Pertama sempat coba-coba dengan hanya mengganti batok yang ternyata enggak bisa. Karena itu, maka sekalian aja ganti setang dan spidometer,” lanjut Andi.

Meskipun sedikit, diluar perkiraan tapi tentunya demi hasil yang sempurna harus rela menambah daftar belanja. Syukurlah harga seluruh barang tadi tidak terlalu mahal. “Total untuk setang, batok dan spidometer Soul hanya habis Rp 500 ribu,” ungkapnya.

Oh ya, untuk seluruh sakeral masih menggunakan punya MX sehingga enggak perlu atau harus beli lagi. Itu dibenarkan oleh Topo Goedhel Atmodjo dari Tauco Custom (TC) yang menjadi tempat Andi berkonsultasi tentang idenya ini. “Kalau tetap memaksakan setang MX pasti bagian bawahnya mentok terutama saat dibawa belok,” kata Topo. Itulah alasan utama mengapa penggantian tadi harus komplit secara menyeluruh.

Dengan perubahan seperti itu maka tentu saja posisi head lamp MX jadi hilang. Jangan keburu panik karena ada beberapa solusi supaya tetap ada lampu utama. Kalau gak pakai lampu kan enggak safety riding, pasti tidak bakal kita sarankan. “Opsi yang bisa dilakukan ada dua,” pesan Topo dengan bahasa layaknya politikus kondang.

Pertama memasang lampu variasi yang bisa ditempatkan di bagian cover depan. “Bisa tempatkan di atas pelat nomor dan model lampunya banyak kok di bursa variasi,” beber modifikator yang kadang pede berlebihan ini.

Misal seperti yang dipilih Andi. Atau bisa juga menggunakan cover bodi depan variasi MX yang sudah dilengkapi lampu utama seperti Anto. Tapi tentu saja jika memilih cara seperti ini biaya dan waktu yang dikeluarkan akan jadi lebih banyak.

sumber: motorplus

4 thoughts on “Virus batok Mio Soul di Jupiter MX

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s