Cara pasang saklar Old Vixion pada New Vixion

Assalamualaikum…

Note: sebelum baca2…  silahkan baca juga Cara pasang saklar Old Vixion untuk New Vixion (Revisi)

Sudah lama ga posting blog nih  maklum sibuk sama kerjaan….

Oya  si aku akhirnya meminang New Vixion setelah bergalau-galau ria ketika milih antara NVL vs CB150R. karena New Vixion ini desainnya unik akhirnya NVL ini yang saya beli…

Foto-0051

Non Kick starter gan…  tapi ga papa…. Stoknya Cuma ada satu unit warna juga ga bisa milih… disinyalir ni New Vixion distribusi awal banget.. saya dapetnya tanggal 14 Desember 2012 atau sehari sebelum launching resminya dibandung…  jadi ya sebulan pertama terasa exclusive banget ni motor… banyak yang masih belum tau kalo ni vixion model baru… kalo sekarang banyak banget seliweran dijalan:mrgreen:

Ceritanya gitu aja…. Kembali ke … judull hee…

Sejak awal saya merasa risih sama fitur AHO pada motor ini… memang sih lampu baru menyala setelah mesin hidup beda dengan old vixion vixion yg langsung nyala begitu kunci kontak diputat….. tapi  ni motor seringnya cuma dipake buat berkomuter keliling kampung  .. malu lah kalo lampu nyala terus… kalo buat jalan raya sih ikut aturan aja lampu pasti dinyalain… intinya sih pengen flexible … ya sudah akhirnya saya beli satu set saklar kiri milik old vixion lama… old vixion lama?? Udah “old” peke “lama” juga…. Ya karena old vixion keluaran akhir kan udah AHO juga..

Tapi pas bongkar saklar Si New ternyata beda sama Si Old.. karena disinyalir system supply lampunya beda ya… Si Old kan dari Aki kalo Si New langsung dari spull, Kemunduran teknologi kah??? Heee… jelasnya lihat gambar

switch

Apalagi dari skema kabelnya

Skema new vixion NVL

skema old vixion

Intinya TERNYATA GA BISA PLUG N PLAY … solusinya ya modif kabel tapi yang dimodif disini switch old vixion yg kita beli supaya switch asliny bisa kita simpan buat sewaktu-waktu mau klaim garansi kita pasang lagi hee… upss..:mrgreen:

Karena tidak punya schematic official nya jadi ya sudah pake sistem trial n error bermodal avometer aja heee… pertama nentuin dulu arus positif/utama dari si motor ini caranya kita fokus ke lampu tembak/by pass… karena namanya aja by pass udah pasti dia dapet arus langsung atau arus sebelum diputus oleh disable saklar… atur avo pada x1 ohm terus hubungkan salah satu probe ke kabel lampu jauh (warna kuning) probe yang lain kesalah satu soket sambil tekan saklar lampu tembak/dim … kalo jarum bergerak 100%  berarti itu dia arus utamanya. untuk yang lainnya silahkan ukur-ukur sendiri heee… :mrgreen:

Kalo ga mau ribet bisa pake hasil modifan saya…..

skema main switch old vixion buat new vixion

Ni contoh hasil solder-solderanya….:mrgreen:

switch 3

Pada modifikasi awal sebenernya udah cukup tapi dicoba kok… lampu senja nyala terus yahhh (ga bisa dimatiin) … pas dicek ternyata supply arus lampu senja bukan dari saklar melainkan langsung dari pusatnya… bisa sih diakalin dengan memotong kabel positif lampu senja.. tapii.. garansi gugur dong…. Akhirnya diakalin dengan memasang soket lampu senja bekas seperti gambar dibawah lalu disambungkan seperti keterangan diatas….

Foto-0064

switch 4

Sesudah beres solder-solder rapikan dan tutup dengan solasi hitam biar rapi…. pasang soket-soket seperti biasa.. tes semua fungsi lampu, klakson, fungsi switch kopling….. oke semuaa…

Foto-0067

UPDATE:

Banyak yang nanyain masalah lampu belakang pengen ikut mati gimana yaa???…

sebenernya harus potong kabel yah… tapi saya punya sdikit trik….

coba cek dulu gambar dibawah….:mrgreen:

lampu belakang 2

jadi… kita bisa memakai socket universal 3 pin untuk dipasangkan diantara soket bawaannya.. dan sikabel biru kita sambungkan ke jalur lampu senja yang ada di area headlamp… jadi kabel biru harus panjang sekitar 3 meteran yahh…

lihat lagi gambar dibawah…..

photo0031

photo0032

photo0033

kalo kurang jelaskan silahkan tanya yaa… heee….

Semoga bermanfaat buat semua…

Wassalam….

92 thoughts on “Cara pasang saklar Old Vixion pada New Vixion

  1. gan bagus artikelnya,,,tp sdikit masukan,,, memang g bs plug and play,,,tp g usah pk potong2 kabel segala,,, kita tinggal menyesuaikan antar warna kabel saja,,,sama sekali g ada pmotongan kabel,,memang buat yg awam kliatan ribet tp buat mkanik sperti kang ari sangat mudah dilakukan karena kang ari sudah sering pasang saklar ini di NVL.
    jd tips kang ari sebisa mungkin jgn sampai potong2 (diminimal potong kabel) jika terpaksa baru dipotong,menjaga agar tidak ada konslet,,,
    sori gan kpanjangan masukannya,,,, sip, ”semakin didepan”
    http://ariblogmotor.wordpress.com/

    • oh maksudnya…tinggal dicopot kabel satu persatu dari soketnya …ga usah dipotong gitu ya gan???…. baru kepikiran kang ari…. makasih masukannya…. masalah warna kabel… ternyata beda yaa… seperti yg saya gambarkan diatas.. seperti tidak adanya kabel biru di new vixion…. memang kayanya gara2 si new vixion ini arus lampu ngambil dari spull ya kang… CMIIW:mrgreen:

      • ada kok gan kabel biru di new vixion, kabel biru dari saklar old dimasukkan di soket 4 pin ganti posisi kabel birunya dan kabel biru di new vixion di isolasi g pake. jd deh smua saklar berfungsi, jd 2 kabel biru dan kuning merah di new vixion yg g di pakai

  2. betul,,,gan tigal comot2 aja,,
    memang ada yg beda 1 kabel itu g masalah,,,coz old vixion pk dc dan nvl pk ac,,,tp ttp cucok kok gan,,,

    • maksudnya lampu belakang yaa….??? lampu belakang tetep nyala…. kalo mau ikut mati bisa aja sih… tapi harus potong kabel bawaan… sayang gan…. segini aja ..udah cukup headlamp sama lampu senja aja🙂

  3. kang kalo hanya lampu depan aj, bagai mana lampu belakang nya cepat putus ga,,??
    kalo bisa skema nya lengkapi dengan lampu belakangnya, biar lebih bagus

    salam knal dari bandung

    • weww…. sumpah ga kepikiran ngambil kabel biru dari soket 4 pin itu gann…. sangat masuk akal gan…. tar kalo lagi libur kerja saya coba deh… thanks ya🙂

      • yup bro, sy punya jadi smua berfungsi, semua warna sama, cm sesuaikan letak pin terminal soket sj..g ada potong kabel

      • permisi bro. mw tanya, masih ada yg kurang jelas saya.
        maksud ngambil kabel biru untuk lampu senja bgmana? soket 4 pin ada dmana? ngelepas pin yg ada d soket caranya pake apa ya yg mudah?

        saya udh bli saklar ori old piksen. rencana ganti weekend nanti, mw mantepin dulu teori. jd udh bongkar ga bnya bingung.
        trms atas jawabanya.

  4. mas,,motor saya cb150r klo AHOnya diganti cocoknya pke saklar motor apa ya (Tger revo, supra fit scorpio?) supaya garansi kelistrikannya tetap aman jd apabila terjadi masalah pada kelistrikan suatu saat bisa dikembalikan standar ke AHO semula.. (tdk potong kabel CB, dll?)

  5. Bagi sobat yg mau ganti Switch New Vixion dg Switch Old Vixion alias MATIIN AHO NEW VIXION berikut tuntunan yg bisa coba

    http://ariblogmotor.wordpress.com/2013/06/21/matiin-aho-nvlpasang-saklar-old-vixion-di-nvl/comment-page-1/#comment-6447

    ikuti sampai langkah menukar nukar posisi kabel pada Switch Old Vixion yg hendak dipasang di New Vixion.

    berikutnya lakukan langkah berikut :

    1. Hubungkan kabel hitam ke Massa/Ground …. (ada dua kabel ground pada Switch Old Vixion, satu yg menjuntai pada sisi Main Switch dan satu lagi yg menjuntai pada sisi Socket 6 kaki) manfaatkan kabel hitam yang menjuntai dari sisi Socket 6 kaki, Hubungkan kabel ini dengan socket kaki 6 berisi kabel hitam.

    2. Cabut kabel Body Merah/Kuning dari Socket 6 kaki dan sambungkan dengan Socket kabel kuning HeadLamp.

    3. Cabut Kabel Body warna Biru yg ke arah Lampu Senja

    4. Cabut Kabel Body warna Biru (di ekor New Vixi) yang ke arah lampu belakang

    5. Slot Socket kosong pada socket kaki 6 bekas kabel body Merah/kuning pasangkan dengan kabel baru (rekomendasi kabel warna biru biar sama dengan kabel yg masuk dari Main Switch Old Vixion) sambungkan ke Slot Socket bekas kabel Biru yg ke arah lampu senja yg tadi dicopot.

    6. Dari Socket kabel biru yg barusan dipasang ke arah lampu senja sambungkan kabel baru (rekomendasi pasang kabel biru juga biar konsisten) pasang mengikuti instalasi kabel body Vixi sampai ekor vixi dan sambungkan dengan slot socket kosong bekas kabel body biru yang tadi di copot …..

    7. tutup semua kabel yang tidak terpakai dengan isolasi (yakni kabel hitam (ground) dari Headlamp, Kabel Biru bekas Lampu senja, dan kabel biru bekas lampu belakang).

    8. Pasangkan socket – socket di batok new vixi………pasang kembali batok nya si New Vixi……………

    9. Nyalakan Mesin ……… dan Cek semua instrumen Switch New Vixion Anda….. dijamin semuanya berfungsi dengan baik…….. dan si AHO praktis seketika Almarhum……..

    Saya sudah berhasil……….
    semua fungsi dari Main Swutch Old Vixion yang di pasang di New Vixion berfungsi dengan baik dari mulai lampu depan sampai lampu belakang termasuk semua indikator-indikator di Speedo meter New Vixion saya berfungsi dgn sempurna…………

    Silahkan Mencoba ……..

    Salam

    • Om deni,,sebelumnya ane mo ngucapin banyak terima kasih atas wejangannya…
      Ane udah praktekin semua dan 100% sukses…
      Tapi ada yg mau ane tanyain dikit ni om…

      Beberapa hari yg lewat ane ada baca artikel ttg merobah arus AC ke DC pada new vixii (maap link nya lupa om) dengan cara melepas kabel warna kuning di soket kiprok,,dan kabel warna kuning ini di sambung ke +12V via kunci kontak…
      Dan itu semua berhasil ane lakuin…
      Tapi ada sedikit kendala om…
      Indikator lampu jauh yg di speedometer g’ nyala…
      Baik saat saklar lampu jauh di aktifkan maupun saat saklar dim diaktifkan…
      Mohon pencerahannya om…
      Sebelumnya ane ucapin banyak terima kasih ni om…
      Sukses selalu…

  6. Sorry nambah dikit….
    Cara yg saya sampaikan di atas praktis ga pake solder solderan dan ga potong potong kabel baik di main switch old vixion maupun kabel body………cukup modal socket jepit sebanyak 5 buah dan kabel warna biru secukupnya kita kita 3 meter an (mungkin ga sampe 3 meter)

  7. Om deni,,sebelumnya ane mo ngucapin banyak terima kasih atas wejangannya…
    Ane udah praktekin semua dan 100% sukses…
    Tapi ada yg mau ane tanyain dikit ni om…

    Beberapa hari yg lewat ane ada baca artikel ttg merobah arus AC ke DC pada new vixii (maap link nya lupa om) dengan cara melepas kabel warna kuning di soket kiprok,,dan kabel warna kuning ini di sambung ke +12V via kunci kontak…
    Dan itu semua berhasil ane lakuin…
    Tapi ada sedikit kendala om…
    Indikator lampu jauh yg di speedometer g’ nyala…
    Baik saat saklar lampu jauh di aktifkan maupun saat saklar dim diaktifkan…
    Mohon pencerahannya om…
    Sebelumnya ane ucapin banyak terima kasih ni om…
    Sukses selalu…

  8. Gan bisa gak kalau kabel yg dari lamu senja 3 meter ke lampu belakang itu nyambung nya dari kabel2 di bawah jok,,, biar gak ada kabel yg melintang dari depan ke body belakang,,

  9. Maturnuwun Mas Wawan Thawil …. saya sudah praktekkan sebagaimana yang dishare Jenengan.

    Cuman saya tidak maen solder Mas … saya pindahin pin-pin di socket saklar old vixion. Sambungan kabel-kabelnya saya cover pake selotip bakar.

    Terus dua kabel nganggur (dari socket headlamp) saya sambungkan salah satunye ke socket 6 pin seperti petunjuk, lengkap dengan pemasangan socket 3 pin untuk bikin lampu belakang juga ikutan mati.

    Maturnuwun … semoga jadi pahala Mas Wawan Thawil …

  10. sip mantap walau pun saya belum pernah liat klistrikan NVL, mungkin kalo saya udah liat ada saran lain yg lbh enteng, tapi intinya saya sangat sepaham untuk tidak MERUSAK KABEL ORI, soal nya cb saya aja kabel nya gak ada yang maen iket2 an, walau pun holder nya pake old v-ixion,

  11. ngapa kabel nya gak di pindahin aja gan dengan cara dicabut dari soket nya pake jarum kasur ngapa di potong trus di solder gitu, kan sayang barang harga 110rb itu cukup mahal sih buat ene

  12. Gan itu cara narik kabel ke belakangnya di lewatin mana ya. Apa aja yang kudu di bongkar biar bisa sampe belakang kabel e. Ane coba buka shroud e sendiri susah lepas, mohon petunjuk lepas bodynya donk

    Thanks

  13. mas bro aq kurang jelas sekema gambarnya maklum pentium lama.
    terus terang selain motong kabel seperti di gambar ada alyetnatif lain selain motong / cabut fari soket(terminal ) biyar tdk ngoldir. makasih

  14. gan berani adu gak sama vixion ane yg lama wrna putih aduin larinya sma vixion ente?yang kalah motornya diseret mau gak gan??? kan gan mtrnya keluaran pertama ktanya sblm launcing…

  15. kalo tempat ane jadinya kok malah elektrik staternya ga jalan kalo pas posisi giginya masuk…. harus dinetralkan dulu baru elestrik staternya bisa jalan …kenapa ya ???

  16. Pingback: Cara pasang saklar Old Vixion pada New Vixion (Revisi) | Thawil's Blog

  17. bro,klo old vixion kan ada yg AHO sm yg engga.
    trus klo saklar di ganti sm yg non AHO .prosesnya sm ngga ky di atas.
    trima kasih…

  18. gan mohon infonya kalau rubah ac(halfwave) ke dc (fullwave) di new vixion (NVL)tanpa ganti kiprok itu gmana ya gan,,,
    tolongbserta gambar ya gan

  19. mas saya mw tanya saya baru aja beli vixion baru trus sy juga udah beli saklar lampumya untuk normalin lampumya tp setelah d pasang lampunya berfungsi dengan bail tapi kenapa klalsonnya g’berfungsi ya..mas mohon bamtuannya

  20. mntep banget nih skema-skema wiringnya. lagi mau coba pasang saklar buat R15 pake handle switch ovi. kayanya skema R15 ini antara ovi sama nvl deh. kabel biru di socket isi 6 nggak dipake buat lampu senja. jadi buat apa yah???

  21. Kok punya saya lampu indikator lampu jauh mesin hidup nyala terus ya pdhal gak di hidupin itu saklar jauh nya om . Mksh

  22. Kang,saya baru beli vixion bekas yang old ,
    Setelah saya bongkar lampu depan dan mengganti holder kirinya semuanya sdah terpasang masalah tejadi lampu indikator saya nyala trus kalo di gas ga stabil dan sepertiniya ada bau gosong dari lampu depan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s